Minggu, 19 Desember 2010

MANAJEMEN DAN MANAJER, SERTA LINGKUNGANNYA


MANAJEMEN DAN MANAJER, SERTA LINGKUNGANNYA

Manajemen merupakan suatu proses meraih tujuan melalui orang lain. Sehingga apabila manajemen dimaknakan seperti itu, maka manajer adalah orang yang mengatur dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kerja sama sumber daya-sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan. Seperti juga manajemen yang dapat kita temui pada setiap organisasi, maka manajer juga berada pada semua tipe organisasi. Beberapa tipe atau jenis manajer dengan tugas-tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda dapat diketemukan dalam setiap organisasi.

Pada dasarnya dalam setiap organisasi terdapat dua kelompok besar manusia, yaitu para karyawan yang bertugas untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan operasional dan disebut dengan ‘rank and file’ atau karyawan, dan para karyawan atau mereka yang tergolong dalam kelompok pimpinan. Kelompok pimpinan terdiri atas pimpinan tinggi (top management), pimpinan menengah (middle management), dan pimpinan pada tingkat rendah (lower management). Keadaan ini menunjukkan bahwa terdapat tingkatan manajemen yang pada umumnya merupakan suatu piramida, dan yang menunjukkan bahwa semakin ke bawah semakin banyak jumlah orangnya, sebagaimana gambar berikut.


 










Gambar 3.1:
Tingkat-tingkat Manajemen

Top manager atau manajer puncak.
Manajer tingkat paling tinggi ini terdiri dari sekelompok kecil orang atau eksekutif, dan manajer pada tingkatan ini kita kenal dengan sebutan direktur, presiden, kepala divisi, wakil presiden, dan sebagainya.

Middle Manager atau manajer manengah
Pada tingkatan ini, manajer membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadangkala juga karyawan operasional. Sebagai manajer tingkat menengah, maka selain membawahi beberapa manajer lainnya, mereka bertanggung jawab kepada manajer puncak. Sebutan lazim bagi para manajer menengah adalah kepala pengawas, kepala bagian, manajer departemen, dan sebagainya.

Line Manager atau manajer lini
Manajer pada tingkat ini merupakan manajer pada tingkat yang paling rendah dalam suatu oeganisasi. Manajer pada tingkat ini mempunyai tugas memimpin dan mengawasi para karyawan opeasional, dan lazim dikenal dengan sebutan mandor (foreman), penyelia (supervisor).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar