Minggu, 19 Desember 2010

HAKEKAT DAN PENTINGNYA MANAJEMEN


HAKEKAT DAN PENTINGNYA MANAJEMEN

Pada dasarnya, hakekat manajemen diharapkan dapat bermanfaat untuk:
-   Kepentingan umum
Keberadaan manajemen menjamin tercapainya kepentingan umum  karena manajemen memperjuangkan kepentingan semua pihak yang ada dalam organisasi.
-   Tujuan organisasi
Manajemen diberlakukan dalam organisasi dalam rangka mencapai tujuan organsiasi. Keadaan ini menunjukkan bahwa pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan effisien sangat terbantu oleh manajemen.
-   Arahan bagi pimpinan
Manajemen dapat dipastikan membantu pimpinan organisasi dalam memetakan kerja sama yang dibangun dalam organisasi yang dipimpinnya melalui kebijakan-kebijakan  untuk meraih tujuan yang diinginkan. 
-   Faktor dasar
Setiap organisasi mempunyai sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai tujuannya, yang dikenal dengan faktor dasar. Manajemen merupakan salah satu faktor dasar tersebut yang mendasari semua kegiatan dalam organisasi.

Pemaparan tentang pemahaman manajemen menunjukkan bahwa bagi orang yang terjun dalam organisasi  formal atau informal, perlu mengkaji dan mempelajari manajemen.  Hal tersebut mendukung perkembangan ilmu manajemen, sebagaimana ungkapan para ahli tentang perlunya mempelajari manajemen. Manajemen, bagaimanapun sangat diperlukan semua organisasi, karena tanpa manajemen, semua usaha untuk mencapai tujuan organisasi akan sia-sia. Untuk itu, setidaknya ada tiga alasan mengapa harus mempelajari manajemen, yaitu :
1.            Untuk mencapai tujuan
2.            Untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang bertentangan.
3.            Untuk mencapai effisiensi dan efektivitas

Stoner (1996) juga mengatakan adanya tiga alasan penting mengapa kita harus mempelajari manajemen, yaitu yang menyangkut masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Semua itu menunjukkan adanya pengaruh terhadap manusia yang bekerja sama dalam organisasi, dan di bawah bimbingan manajer akan lebih banyak hal yang dapat diraih. Keadaan-keadaan tersebut dapat dsimpulkan bahwa,  organisasi memberikan kontribusi pada standar kehidupan umat manusia masa kini di seluruh dunia, organisasi membangun masa depan yang lebih baik dan membantu individu-individu untuk melakukan hal sebagai pola hubungan manusia.

Gibson (1997) juga  mengatakan bahwa setidaknya ada dua alasan pentingnya kita mempelajari manajemen, yaitu masyarakat kita tergantung pada spesialisasi berbagai lembaga dan organisasi untuk menyediakan barang-barang dan jasa-jasa yang diinginkan.

Robbin (1999) juga mengatakan bahwa alasan pentingnya mempelajari manajemen, yaitu setiap orang mempunyai kepentingan yang mendalam untuk mampu memperbaiki cara-cara pengelolaan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar